Senin, 17 Desember 2018

Langkah Studi Kelayakan Bisnis

Studi kelayakan merupakan sebuah konsep pengembangan tertulis yang berisi rincian dari gambaran bisnis tersebut seperti perencanaan keuangan, pengelolaan, pengembangan, teknologi, peralatan, target capaian, strategi pemasaran. Rencana bisnis menguraikan arah, tujuan dan strategi perusahaan untuk jangka pendek, menengah dan panjang. Karena dalam studi kelayakan akan membahas aspek-aspek yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Aspek yang umum dibahas dalam studi kelayakan seperti aspek hukum, aspek lingkungan, aspek teknis, aspek ekonomi, aspek pasar, aspek sosial dan aspek keuangan.
Pebisnis yang menginvestasikan waktu, modal dan tenaga menyusun rencana bisnis dengan cerdas terbilang lebih siap menghadapi resiko-resiko dari bisnis tersebut. Walaupun rencana bisnis itu tidak menjamin 100% kesuksesan seseorang, tetapi dengan cara ini akan mampu menciptakan peluang kesuksesan.
Beberapa langkah studi yang hendaknya dikerjakan dalam melaksanakan studi kelayakan, yaitu:
1. Penemuan Ide.
Produk yang akan dibuat haruslah berpotensi untuk laku dijual dan menguntungkan. Oleh karena itu, penelitian terhadap kebutuhan pasar dan jenis produk dari proyek harus dilakukan. Penelitian jenis produk dapat dilakukan dengan kriteria-kriteria bahwa suatu produk dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar yang masih belum dipenuhi, memenuhi kebutuhan manusia tetapi produk tersebut belum ada, dan untuk mengganti produk yang sudah ada dengan produk lain yang mempunyai nilai lebih. Sedangkan mengenai kebutuhan pasar, hasil penelitian yang diharapkan adalah bahwa produk yang akan dihasilkan dapat dijual di pasar yang cukup sehat (permintaan yang cukup baik dalam jangka panjang). Selanjutnya, untuk menghasilkan ide proyek tadi, perlu dilakukan penelitian yang terorganisasi dengan baik serta dukungan sumber daya yang memadai.
Catatan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar