Selasa, 11 Juli 2023

Aspek Pasar dalam Studi Kelayakan

Aspek pasar merupakan aspek yang sangat penting dalam studi kelayakan suatu bisnis. Untuk meninjau aspek pasar suatu usaha di perlukan studi yang mendalam. Pada kesempatan ini kami hadir sebagai jasa konsultan yang berpengalaman di bidang tersebut.



Pemasaran sangat penting dilakukan karena tidak ada usaha yang berhasil tanpa adanya permintaan atas barang dan jasa yang dihasilkan oleh usaha tersebut. Pada dasarnya, aspek pasar dan pemasaran bertujuan untuk mengetahui berapa besar luas pasar, pertumbuhan permintaan dan pengsa pasar produk atau jasa yang bersangkutan. Pasar merupakan semua pelanggan yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu yang tersedia dan mampu dilaksanakan dengan pertukaran untuk memuaskan kebutuhannya. Disinilah peran bagian pemasaran untuk menarik pasar sebanyak mungkin dan mempertahankan pasar yang sudah ada. Untuk meningkatkan pasar dari produk tersebut bagian pemasaran harus memberikan pelayanan yang maksimal sehingga pelanggan merasa puas.

Aspek pasar akan mempengaruhi bagian pergudangan, produksi, bahan baku, tenaga kerja, fasilitas perusahaan. sehingga diperlukan trik dan strategi pada aspek pasar seperti menjanjikan nilai superior, menetapkan harga menarik, mendistribusikan produk dengan mudah, mempromosikan secara efektif serta mepertahankan pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang prinsip kepuasan pelanggan.

Pemasaran dilakukan setelah selesainya promotional material dibuat, seperti spanduk-spanduk, brosur-brosur, pamphlet, billboard dan lain-lain. Masa pemasaran ini bisa dilakukan peralel dengan semua kegiatan yang berlangsung diproyek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar