Aspek pasar merupakan aspek yang sangat penting dalam studi kelayakan suatu bisnis. Untuk meninjau aspek pasar suatu usaha di perlukan studi yang mendalam. Pada kesempatan ini kami hadir sebagai jasa konsultan yang berpengalaman di bidang tersebut.
Pemasaran sangat penting dilakukan karena tidak
ada usaha yang berhasil tanpa adanya permintaan atas barang dan jasa yang
dihasilkan oleh usaha tersebut. Pada dasarnya, aspek pasar dan pemasaran
bertujuan untuk mengetahui berapa besar luas pasar, pertumbuhan permintaan dan
pengsa pasar produk atau jasa yang bersangkutan. Pasar merupakan semua
pelanggan yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu yang tersedia dan
mampu dilaksanakan dengan pertukaran untuk memuaskan kebutuhannya. Disinilah
peran bagian pemasaran untuk menarik pasar sebanyak mungkin dan mempertahankan
pasar yang sudah ada. Untuk meningkatkan pasar dari produk tersebut bagian
pemasaran harus memberikan pelayanan yang maksimal sehingga pelanggan merasa
puas.
Aspek pasar akan mempengaruhi bagian pergudangan,
produksi, bahan baku, tenaga kerja, fasilitas perusahaan. sehingga diperlukan
trik dan strategi pada aspek pasar seperti menjanjikan nilai superior,
menetapkan harga menarik, mendistribusikan produk dengan mudah, mempromosikan
secara efektif serta mepertahankan pelanggan yang sudah ada dengan tetap
memegang prinsip kepuasan pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar